Rabu, 20 Februari 2008

SALAT KHUSYUK

By: DR.H. Ramli Abdul Wahid, MA

Kualitas pelaksanaan salat bervariasi, antara lain salat khasyi`un, salat daimun, salat sahun. Yang terbaik adalah salat khasyi`un, yakni salat orang-orang yang khusyuk. Faedah salat khusyuk banyak, antara lain membawa ketenangan hati, terhindar dari kemaksiatan, disiplin, bahkan sampai kepada keterlenaan munajat dengan Allah swt.
Syarat-syarat zahir salat khusyuk antara lain : (1) sempurna syarat sahnya, yaitu badan, pakaian, dan tempat bersih dari najis berat, najis pertengahan, dan najis ringan, badan bersih dari hadas besar dan hadas kecil, menutup aurat dengan sempurna, mengetahui masuk waktu, menghadap kiblat, dan mengetahui syarat dan rukun salat, (2) keadaan bebas dari hiruk pikuk yang mengganggu pendengaran, (3) keadaan bebas dari gambar, lukisan, dan benda-benda yang mengganggu penglihatan, (4) keadaan fisik segar, tidak mengantuk dan tidak lelah sehingga salat dilaksanakan dengan semangat, (5) keadaan udara hendaknya bagus sehingga tidak terasa gelisah dalam salat, (6) takbiratulihram hendaknya pendek dan tidak panjang.
Syarat-syarat batin salat khusyuk antara lain : (1) senantiasa hadir hati dalam salat, (2) memahami segala bacaan dan perbuatan, (3) membesarkan Allah, (4) rasa kagum atas kebesaran Allah dan merasakan kekerdilan diri, (5) rasa malu terhadap Allah atas ketidaksempurnaan bacaan dan perbuatan salat, (6) khawatir kalau salat tidak diterima Allah karena kekurangan pelaksanaannya, (7) rasa harap diterima Allah karena Ia Maha Pemurah dan kita telah berusaha maksimal melakukan salat.


H. Ramli Abdul Wahid

Tidak ada komentar: